Friday, May 24, 2019

TUTORIAL MEMBUAT KUIS KAHOOT

Bagi seorang Guru, membangun suasana kelas yang menyenangkan adalah sebuah hal yang sangat penting. Tetapi tentu tidak hanya menyenangkan. Suasana senang yang diciptakan oleh Guru tetap harus dalam situasi yang mengedukasi. Maka menjadi suatu keharusan bagi seorang guru untuk dapat menciptakan kelas yang asyik dan edukatif.

Ada banyak cara untuk menciptakan kelas yang asyik dan edukatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan kuis. Di era Teknologi dan Informasi sekarang ini para Guru harus dapat memanfaatkan semua sarana digital yang ada. Nah kali ini Pak War akan mengajak rekan Guru semua untuk membuat kuis digital yang super asyik yaitu dengan menggunakan aplikasi online KAHOOT.

Langkah Pertama adalah dengan mendaftarkan diri ke www.kahoot.com
Anda dapat mendaftar dengan berbagai cara. Yang paling mudah adalah mendaftar langsung dengan akun Google yang dimiliki.


Langkah Kedua setelah memiliki akun selanjutnya adalah tinggal membuat kuisnya. Silahkan klik tombol Create.



Setelah itu akan muncul 4 pilihan yaitu : Quiz, Jumble, Discussion dan Survey.



Kita pilih Quiz, ini adalah model permainan kuis dengan pertanyaan pilihan ganda.


Tentukan judul kuisnya pada form di atas. Anda juga bisa menambahkan gambar sebagai daya tarik tampilan kuis yang dibuat. Selanjutnya setelah menekan tombol OK, go maka tinggal membuat pertanyaan. Jumlahnya terserah Anda.



Setiap menambah soal Anda cukup menekan tombol Add Question. Langkah selanjutnya melengkapi form soal. Anda bisa melampirkan foto atau video di pertanyaan. Jangan lupa dibagian kunci jawaban dicentang pada jawaban yang benar.

Langkah Ketiga adalah memainkan dengan Siswa Anda. Caranya adalah dengan membuka dan memainkan quiz yang sudah kita buat. Anak-anak bisa menggunakan Smartphone atau bisa juga komputer dan gadget yang lain. Untuk bisa bergabung di kuis Anda maka anak disuruh membuka alamat www.kahoot.it dan memasukan kode game pin dari Anda. 

Selengkapnya materi tentang bagaimana cara membuat kuis kahoot silahkan download materi di bawah ini.


Pertanyaan seputar kahoot silahkan tulis di kolom komentar.

No comments:
Write komentar