Wednesday, June 19, 2019

CARA DAFTAR DAN LOGIN PESERTA DIDIK PADA PPDB ONLINE 2019




Setelah pekan kemarin PakWar menulis tentang Juknis PPDB untuk tingkat PAUD, SD dan SMP di kabupaten Banyumas, hari ini PakWar akan berbagi kembali tentang PPDB. Rabu, 19 Juni 2019 ini kebetulan PakWar diundang untuk mengikuti bimtek PPDB Online yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Acara ini disupport sepenuhnya oleh Dinas Kominfo Kabupaten Banyumas. Untuk tempat acara bimtek tidak PakWar sebut soalnya PakWar ngga diendors ya... hehehehe....

Ada beberapa perbedaan signifikan PPDB online tahun 2019 ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun kemarin sistem zonasi untuk PPDB diwujudkan dengan mengukur jarak dari Sekolah tujuan dengan rumah calon Peserta Didik menggunakan GPS. Tahun ini kembali menggunakan sistem zonasi seperti 2 tahun yang lalu, dimana zona diwujudkan dalam pembagian wilayah per desa/kelurahan.

Dari sisi aplikasi, kalau tahun kemarin aplikasi disupport dan MoU dengan Pemkot Bandung setelah sebelumnya rombongan dari kabupaten Banyumas study banding kesana. Tahun ini aplikasi sepenuhnya dibuat oleh Kominfo Kabupaten Banyumas. Sepertinya Pemerintah Kabupaten Banyumas betul-betul hendak mewujudkan Banyumas SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). 

Hal ini tidak lepas dari peran Bupati Banyumas yang memberi support penuh kepada semua dinas terkait untuk mewujudkan e-goverment. Pada proses PPDB inipun Bapak Bupati memberikan arahan dan keinginan terkait masalah PPDB. Diantaranya adalah keinginan Bupati agar masyarakat betul-betul mendapat kemudahan pada proses pendaftaran sampai dengan diterimanya peserta didik di sekolah pilihan. Tentunya dengan tidak mengabaikan proses transparansi dan keterbukaan sistem terhadap publik.

Salah satu wujudnya adalah aplikasi tahun ini setiap calon peserta didik dapat mendaftar dimanapun berada. Peserta Didik dapat mendaftar di rumah, di warnet atau bisa menggunakan PC atau bahkan tablet dan smartphone. Tetapi apabila calon Peserta Didik tidak memiliki koneksi internet dan gadget yang memadai maka calon Peserta Didik tetap bisa mendaftar langsung ke Sekolah sesuai dengan tanggal dan waktu pendaftaran.

Nah untuk yang mendaftar sendiri menggunakan PC atau leptop di rumah, berikut cara untuk mendaftarnya:
1. Langkah pertama masuk browser tuliskan website ppdb.banyumaskab.go.id.


2. Selanjutnya klik login.



3. Langkah selanjutnya apabila sudah memiliki akun silahkan langsung isikan username dan password lalu klik login. Apabila belum mempunyai akun klik pendaftaran akun.



4. Maka akan muncul form seperti gambar dibawah. Isi semua form dengan tepat dan teliti. Setelah selesai klik daftrakan akun. 


5. Lalu buka email. Buka email yang dari ppdb online


6. Di email tersebut ada data user dan password. Setelah itu klik link aktivasi.


7. Maka akan langsung muncul form pendaftaran sekolah seperti gambar dibawah. Isi form dengan tepat dan teliti lalu klik tombol SIMPAN DAN LANJUTKAN.


8. Langkah selanjutnya mengisikan asal sekolah dan nilai. Apabila telah selesai klik tombol SIMPAN DAN LANJUTKAN. Bila ingin kembali ke langkah sebelumnya klik nomor yang sebelumnya.


Nah selanjutnya cara pendaftaran bisa dibaca selengkapnya di petunjuk yang telah diterbitkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Banyumas melalui link berikut:


Untuk video rencana PakWaronline akan membuat sendiri atau bisa juga melihat yang diterbitkan oleh Kominfo seperti di bawah ini:





Pertanyaan seputar Pendaftaran PPDB online silahkan tulis dikolom komentar.
Salam PakWar.


No comments:
Write komentar