Wednesday, August 26, 2020

PEMETAAN KD PPKn MASA PANDEMI COVID-19


 

Masa Pandemi Covid-19 begitu banyak membawa perubahan pada semua lini kehidupan. Tidak terkecuali juga pada bidang pendidikan. Begitu banyak perubahan pada bidang Pendidikan di Indonesia kita tercinta. Ada dampak positif, ada juga dampak negatif. Semua dampak tersebut harus kita sikapi dengan bijaksana. Apalagi sebagai guru atau semua profesi lain di bidang pendidikan.

Banyak sekali dampak negatif dari adanya pandemi Covid-19 tidak mungkin disebutkan satu-satu. Tetapi yang banyak dibahas dan diangkat masyarakat adalah adanya kesulitan Siswa dan orang tua dalam proses kegiatan pembelajaran. Dengan adanya pandemi Covid-19 banyak sekali yang beralih ke PJJ moda online. Kendalanya Moda online membutuhkan infrastruktur yang tidak sedikit dari sisi siswa dan orang tua. Kesulitan utama adalah tidak memiliki kuota atau akses internet dan gadget yang memadai. 

Bagi masyarakat yang berada pada sosial ekonomi menengah ke atas mungkin tidak terlalu berdampak. Tetapi bagi masyarakat ekonomi lemah ini sangat menyulitkan. Untuk kehidupan sehari-hari saja mereka mengalami banyak kesulitan apalagi untuk kebutuhan akses internet. Dan masih banyak dampak negatif lain.

Disisi lain ada juga dampak positifnnya. Salah satunya adalah peningkatan kemampuan bidang IT baik untuk anak, orang tua maupun guru. Kesulitan yang ada justru menjadi penyemangat untuk belajar dan belajar. 

Untuk mengurangi beban pembelajaran jarak jauh saat sekarang ini yang banyak keterbatasan maka Kemdikbud mengeluarkan Keputusan Kepala Balitbang dan Perbukuan Nomor: 018/H/KR/2020 tentang KI dan KD Kurikulum 2013 untuk kondisi khusus.

Nah untuk membantu teman-teman guru PPKn memetakan KD Mapel PPKn berikut dapat didownload inspirasi pemetaan KD Mapel PPKn selama Pandemi Covid-19.


DOWNLOAD PEMETAAN KD KELAS VII

DOWNLOAD PEMETAAN KD KELAS VIII


2 comments:
Write komentar
  1. Maju terus pak Waryanto untuk kemajuan pembelajaran PPKn,juga semoga menjadi berkah dalam berbagi ilmu dengan teman-teman sejawat mapel PPKn dimana saja berada. Terus maju dan sukses selalu pak.

    ReplyDelete