Sunday, July 7, 2019

CARA UPDATE DATA SIM PKB



Seminggu yang lalu ada notifikasi ketika membuka aplikasi SIM PKB. Notifikasi ini akan muncul ketika sobat pendidik semua membuka aplikasi SIM PKB. Isinya adalah Update data untuk menentukan Guru Inti di Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). Setiap guru, baik PNS maupun GTT dan juga kepala sekolah diminta melakukan update data di akun SIM PKB masing-masing.

Ketika hal ini PakWar tanyakan ke Dinas Pendidikan Kabupaten memang betul akan ada Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). Minggu ini beberapa pejabat terkait di Dinas Pendidikan Kabupaten sudah mendapat undangan untuk kegiatan tersebut di P4TK masing-masing mata pelajaran. Nah sambil menunggu rincian kegiatannya seperti apa, sebaiknya Sobat Pendidik semua segera update data terlebih dahulu di akun masing-masing ya. Masih ingat caranya masuk ke aplikasi kan?

Nah yang tidak ingat silahkan KLIK DISINI.
Kemudian muncul tampilan seperti ini.




Setelah itu isi bagian atas dengan ID dan bagian bawahnya adalah password Sobat Pendidik semua. Kalau lupa ID dan passwordnya silahkan hubungi Ketua MGMP Kabupaten masing-masing.

Kalau ID dan passwordnya sudah benar maka akan muncul notifikasi untuk update data sobat pendidik semuanya. Selanjutnya sobat pendidik dapat mengedit data dengan menekan tombol edit yang ada disebelah kanan. Bentuknya seperti di bawah ini.



Setelah menekan tombol edit, sobat pendidik semuanya bisa memilih nama mata pelajaran yang diampu. Kalau nama mata pelajarannya tidak ada, maka sobat pendidik semua bisa memilih lain-lain untuk kemudian mengetikan nama mata pelajaranya. Tampilanya sebagai berikut.

Nah setelah memilih mata pelajaranya, langkah terakhir sobat pendidik tinggal melakukan proses penyimpanan dengan menekan tombol simpan. Dengan melakukan tindakan ini berarti sobat pendidik semua sudah melakukan update data SIM PKB. Selanjutnya tinggal menunggu informasi, siapa tahu ada diantara sobat pendidik yang menjadi Guru Inti. Selamat ya... semoga membantu.





9 comments:
Write komentar
  1. BAGAIMANA CARA MASUK AKUN TERSEBUT KALAU PASWORD DAN EMAIL SAYA LUPA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan menghubungi Ketua MGMP masing-masing kabupaten untuk di reset. Nanti disitu sudah lengkap Id dan Passwordnya...

      Delete
  2. Alhamdulillah saya uda update, dan saya sudah menikuti semua aturan yg ada didalamnya
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.... silahkan saling mengingatkan teman-teman guru yang lain

      Delete
  3. Bagaimana kalau guru mutasi, datanya masih di sekolah lama lain kabupaten, apakah harus dipetbaiki? Bgmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengajukan usul pindah... lapor ke ketua MGMP kabupaten lama... ajukan ke dinas lama... cetak baru ajukan ke dinas pendidikan kabupaten baru selanjutnya kalau sudah tinggal ngabari ketua MGMP kabupaten yang baru...

      Delete