Thursday, October 17, 2019

BEGINI CARA MEMANTAU ANAK MENGGUNAKAN APLIKASI FAMILY LINK




Satu atau dua bulan kemarin saya mengadakan "Sosialisasi Internet Sehat" di SMP Negeri 2 Purwokerto untuk semua orang tua wali siswa dan Komite Sekolah. Tidak hanya mensosialisasikan bagaimana berinternet secara sehat tetapi juga menyosialisasikan Program WA Auto Respon yang  dimiliki sekolah untuk berbagai kepentingan. WA ini menghubungkan antara Sekolah dan Orang Tua agar terjadi sinergi yang baik dari keduanya.

Penggunaan WA Auto Respon banyak ditanggapi secara positif dari orang tua. Tetapi ada juga yang tidak, sebagian menanyakan ke saya secara pribadi dampak dari penggunaan Android bagi anak-anak. Banyak orang tua yang kewalahan tentang bagaimana cara mengawasi penggunanaan HP bagi anak-anak agar tidak KECANDUAN dan menjadi kebiasaan jelek.

Sebenarnya yang utama adalah bagaiman orang tua mengatur penggunaan Android atau smartphone bagi anak-anak. Jangan memberikan smartphone sebagai sebuah sarana agar anak-anak tidak bermain keluar, atau alasan yang penting anak diam di rumah. Justru bermain dan bersosialisasi di luar rumah harus diatur porsinya agar mereka dapat berkembang sebagai pribadi yang mandiri sekaligus mempunyai kepedulian sosial.

Oleh karena itu Orang Tua mesti membatasi penggunaan Smartphone. Orang Tua juga harus membuat komitmen dengan anak-anak, bahwa smartphone hanya digunakan sebatas komunikasi dan pendidikan. Boleh bermain games tapi harus dibatasi.

Nah... kali ini saya share aplikasi bagus buatan Google, namanya Family Link. Kenapa saya bilang bagus? Karena dengan aplikasi tersebut kita bisa melakukan hal-hal berikut:


  • Kita bisa mantau aktifitas anak di hp. (apa yang dia buka seharian, apa yang dia install dan berapa lama dia menggunakan aplikasi tersebut)
  • Kita bisa membatasi anak dalam penggunaan hp. (Misal kita pengen setiap hari anak cuman pegang hp selama 15 menit, maka setelah 15 menit waktu berakhir, hp anak bakal terkunci dengan sendirinya. Wkwk udah kaya maen warnet atau rental Ps aja ya..)
  • Kita bisa mengatur waktu tidur anak (Misal kita pengen jam 21.00 WIB s.d 07.00 WIB Anak nggak pengen maen hp dan fokus tidur serta mempersiapkan hari esok untuk pergi ke sekolah, maka kita bisa atur hal tersebut di aplikasi ini. Jadi ketika waktu menunjukan pukul 21.00 WIB hp anak bakal terkunci dan bisa terbuka ketika waktu sudah menunjukan pukul 07.00 WIB. Luar biasa, bukan?
  • Kita bisa pantau keberadaan anak lewat aplikasi ini. (Sederhananya gini, selama si anak membawa hpnya ke luar, kita bisa mantau posisi anak ada dimana. Jadi lebih kaya mantau keberadaan hp anak)
  • Ada juga fitur Youtube Kids agar penjelajahan video anak di Youtube lebih aman.
  • Ada lagi Facebook Messenger Kids yang khusus untuk anak-anak.




Wah menarik, terus kalo saya mau menggunakan aplikasi ini langkah-langkahnya bagimana? Pertama yang perlu kita pahami, cara kerja aplikasi ini mesti menggunakan 2 HP, satu HP Anda (selaku orang tua yang mengawasi), satu lagi HP anak Anda (selaku yang di awasi). Kedua, semua HP harus terkoneksi dengan internet.
Setelah Anda memahami hal tersebut, silahkan lakukan step by step berikut ini

Untuk orang tua (PENGAWAS)

  • Silahkan install aplikasi Family Link untuk Orang Tua (nama ataupun gambar aplikasi bisa diliat di gambar)
  • Setelah Anda install aplikasi tersebut, silahkan masuk ke aplikasi tersebut.
  • Setelah Anda masuk Anda akan mendapati 2 pilihan, Orang Tua atau Anak. Silahkan pilih Orang Tua.
  • Setelah Anda memilih pilihan tersebut, silahkan masukan data-data yang di minta oleh aplikasi tersebut.
  • Setelah Anda memberikan data-data yang diminta, mereka akan memberikan sebuah kode untuk Anda (simpan kode ini. Dan berikan kode ini pada Anak Anda. Kenapa diberikan? karena Kode ini dipake untuk hp Anak Anda)
  • Setelah Anak memasukan kodenya, maka Anda akan diminta konfirmasi oleh aplikasi tersebut. Pada tahap ini, ikuti saja alurnya.
  • Setelah beres dan terkonfirmasi, kini Anda mulai bisa mengawasi Anak Anda.


Untuk Anak (YANG DIAWASI)

  • Silahkan install aplikasi Family Link untuk Anak dan Remaja (nama ataupun gambar aplikasi bisa diliat di gambar)
  • Setelah Anda install aplikasi tersebut, silahkan masuk ke aplikasi tersebut.
  • Setelah Anda masuk Anda akan mendapati 2 pilihan, Orang Tua atau Anak. Silahkan pilih Anak.
  • Setelah Anda memilih pilihan tersebut, silahkan masukan data-data yang di minta oleh aplikasi tersebut.
  • Setelah Anda memberikan data-data yang diminta, Anda akan diminta untuk memasukan kode. Dimana kodenya? Kodenya ada di HP Orang Tua Anda. Mintalah pada Orang Tua Anda untuk memberikan kodenya.
  • Setelah Anda memasukan kode tersebut, Anda akan diminta konfirmasi terkait password email Anda.
  • Setelah itu, ikuti alur yang diminta aplikasi tersebut.
  • Setelah konfirmasi password email dan mengikuti alur yang diminta aplikasi tersebut, kini Anda mulai bisa diawasi oleh Orang Tua Anda.




Catatan : step by step ini saya pisahkan jadi 2 versi ya. Versi Orang Tua dan versi Anak. Jadi sesuaikan aja.

Gimana, siap mempraktekan? Semoga dengan ini kita bisa lebih memanage penggunaan HP anak kita ya.....

Silahkan di share biar makin banyak calon orang tua atau orang tua yang paham gimana caranya mengantisipasi ketergantungan anak terhadap HP.

Yang ingin bertanya bisa melalui kolom komentar di bawah ini atau DM ke saya.

No comments:
Write komentar