Sunday, May 19, 2019

TUTORIAL CARA MEMBELI APLIKASI ZIPGRADE

Penilaian adalah tugas rutin yang harus dilakukan oleh seorang guru. Ada beberapa teknik penilaian yang dapat dilakukan oleh guru. Ada penilaian yang dilakukan dengan menggunakan sistem komputerisasi (Computer Based Test). Ada juga penilain yang dilakukan dengan cara manual. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Penilaian menggunakan komputer sangat memudahkan guru dalam hal koreksi. Tetapi sayangnya tidak semua guru mampu untuk membuat tes berbasis online. Atau kalaupun bisa kadang terkendala oleh minimnya sarana untuk mengadakan test online. Test online biasanya menggunakan komputer, sehingga sekolah harus menyediakan laboratorium komputer yang cukup dipakai untuk semua Siswa. Atau bisa juga memanfaatkan Smartphone Android, nah khusus yang Android akan saya bahas pada artikel lain.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk melakukan penilaian dengan sistem manual. Tetapi tetap kita harus memanfaatkan IT di dalamnya. Bagi 
Sekolah yang belum bisa melakukan test secara online, maka bisa menggunakan LJK sebagai penggantinya. Kalau dulu LJK harus dipindai dengan menggunakan scanner dan aplikasi yang mahal, sekarang bisa menggunakan aplikasi yang murah bahkan gratis. Aplikasi ini berbasis Android, dan saya yakin semua guru punya. Aplikasi ini bernama ZIPGRADE.

Aplikasi Zipgrade ini dapat didownload di Play Store secara gratis. Namun demikian kalau yang gratis hanya bisa melakukan scaning 100 lembar dalam satu bulan. Nah bagi sekolah yang siswanya sedikit tentu hal ini bisa dilakukan. Tetapi bagaimana dengan sekolah yang memiliki siswa banyak? Lebih dari 100? maka rekan-rekan bisa menggunakan aplikasi Zipgrade versi berbayar. Dengan membeli aplikasi ini rekan-rekan guru semua bisa melakukan proses scaning UNLIMITED. (Jangan gunakan yang versi bajakan ya.... dosa... )

Nah kali ini saya akan berbagi cara bagaimana cara membeli aplikasi Zipgrade di Android anda supaya tidak bermasalah dikemudian hari dan tentunya mengurangi dosa kita =D .

Langkah pertama silahkan download aplikasinya di Play Store. Ketikan keyword Zipgrade di kolom pencarian. 

Kemudian klik tombol INSTALL dan ikuti langkahnya seperti biasa ketika rekan-rekan menginstal aplikasi di Android.

Langkah Kedua : Setelah aplikasi terinstal di Android rekan-rekan, maka tinggal membuka aplikasi tersebut sampai muncul tampilan seperti ini.

Pada bagian atas isilah dengan alamat email yang rekan-rekan miliki. Bisa Gmail ataupun yang lain, yang penting emailnya masih aktif dan valid.
Pada bagian bawahnya ketikan Password yang rekan-rekan inginkan. Alangkah lebih baik Password berisi gabungan antara huruf kapital, kecil dan angka atau symbol. Contoh : Bakso123. Kemudian dibawahnya ketikan Passwordnya sekali lagi dan harus sama.
Setelah itu beri tanda centang pada dua kotak di bawahnya. Sehingga tombol Register Zipgrade berubah menjadi warna hijau terang. Tampilanya dapat dilihat di bawah ini.

Kemudian muncul tampilan berikut:

Ada pop up menu yang berisi informasi tentang aplikasi Zipgrade yang baru rekan-rekan install. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol Subscrition Info, sehingga hasilnya seperti di bawah ini:

Pada bagian atas ada informasi tentang nama user dan informasi jumlah berapa lembar LJK yang dapat discan, yaitu 100 lembar per bulan.
Untuk merubahnya menjadi unlimited maka langkah selanjutnya adalah kita membayar aplikasi tersebut menggunakan tombol di bawahnya yang bertuliskan "Extend Subscription 1 Year IDR 84.104,00" Tampilan selanjutnya seperti di bawah ini:



Pada bagian bawah tampilan yang tidak gelap muncul Jumlah uang yang harus dibayar dan tulisan Master Card, dimana ketika kita melanjutkan menekan tombol "buy" maka berarti kita akan membayar dengan Master Card.
Nah... bagi rekan-rekan yang tidak memiliki Master Card seperti saya maka bisa membayar dengan pulsa telepon yang kita miliki. Caranya adalah dengan menekan tombol > di sebalah kanan tulisan Master Card. Tampilanya menjadi seperti di bawah ini:


Muncul pilihan di bawahnya yaitu nomor telepon yang digunakan di Android rekan-rekan. Maka kita pilih itu sebagai metode pembayaran. Sebelumnya rekan-rekan harus membeli pulsa sebesar Rp. 100.000,00 untuk nantinya dipotong oleh aplikasi. Jumlah yang kita bayar sebesar 84.104,00 nantinya akan ditambah pajak sehingga total keseluruhan yang dipotong dari pulsa kita adalah sekitar Rp. 94.000,00.
Langkah selanjutnya rekan-rekan tinggal menekan tombol buy.
Kalau pulsa rekan-rekan sudah ada konfirmasi dipotong berarti aplikasi Zipgrade sudah terbeli dan memiliki kemampuan untuk scaning unlimited.

Demikian langkah-langkah untuk membeli aplikasi Zipgrade.
Untuk pertanyaan seputar Zipgrade dapat ditulis pada kolom komentar di bawah.

Untuk info pelatihan Zipgrade silahkan kontak ke nomor WA Pak War.

#SalamPakWar









2 comments:
Write komentar
  1. selamat siang Pak War, gimana caranya bayar langganan ZIPGRADE biar unlimited untuk satu tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah-langkahnya seperti saya jelaskan di artikel atas. Paling mudah dan murah mbayar aplikasinya via HP. Kalau via Leptop atau PC bayarnya pakai Kartu Kredit. Kalau pakai HP kita bisa bayar pakai pulsa. Silahkan isi pulsa dulu sebanyak 100ribu di HP yang akan diaktifkan aplikasi Zipgradenya.

      Delete